Bagaimanakah Konsep “Positioning” Sebuah Toko Yang Ideal…?

Konsep ” Positioning ” Sebuah Toko Yang Ideal.

[Dalam menentukan ” Positioning ” sebuah toko dipengaruhi oleh beberapa faktor. Memang tidak semudah yang anda pikirkan karena melewati sebuah proses pembelajaran & leadtime yang cukup lama agar berjalan sesuai dengan apa yang anda harapkan]

Ini erat kaitannya dengan image sebuah toko, dibawah ini adalah faktor utama yang perlu diperhatikan :

A. Penentuan Harga Jual.
[Toko menjual produk – pr oduk dengan harga yang kompetitif]

Cara mencapai :
[Melakukan cek price dikompetitor disekeliling toko anda secara periodik]
[Menjalin kerjasama yang baik antara pihak toko dengan supplier] [Dalam hal yang positif, contoh : diskon pembelian]
[Menentukan produk – produk yang menjadi ” BEST ITEM ” ditoko anda, berdasarkan histori data penjualan baik secara harian, mingguan atau bulanan. Data tersebut dapat anda peroleh juga berdasarkan Qty, Value atau Kategori.

[Setelah memperoleh data – data ” BEST ITEM ” maka anda diharuskan agar selalu fokus terhadap keberadaan produk – produk tersebut.

B. Keaneka ragaman Produk.
[Toko menyediakan produk-produk yang merupakan kebutuhan dasar secara umum]

Cara mencapai :
[Menyediakan kebutuhan dasar seperti : minyak goreng, gula, beras, snack, telor dsb]
[Mengoptimalkan penjualan produk baru & best item melalui media promo leaflet atau brosur]
[Senantiasa melakukan analisa data untuk menentukan “BEST ITEM” (Jumlah itemnya bisa 300 item, 500 item atau 1000 item atau sesuai dengan planning anda sendiri]

[Untuk mendapatkan best item anda bisa melihat data penjualan yang sudah dipersiapkan sebelumnya baik secara harian, mingguan atau bulanan maupun bisa juga berdasarkan qty terbanyak & value terbesar]
[Tidak menutup kemungkinan anda dapat menggabungkan data-data tersebut diatas]

C. Kualitas Produk.
[Toko senantiasa menyediakan produk-produk yang berkualitas & memperhatikan kadaluarsa suatu produk serta kemasannya]

Cara mencapai :
[Melakukan kontrol terhadap kualitas produk-produk ditoko anda secara periodik]

D. Kesegaran Produk-produk Fresh.
[Bagi toko yang menjual produk-produk fresh dituntut agar senantiasa menjaga kesegaran produk-produknya]
Misal : Buah, Sayur, Daging & Ikan.

Cara mencapai :
[Melakukan sortir secara selektif pada saat penerimaan produk-produk fresh & memperhatikan handling produknya baik digudang maupun diarea]

E. Display Produk.
[Toko dituntut agar memperhatikan kerapian & kebersihan produk serta mampu memberikan pengalaman yang menarik pada pelanggan disaat berada ditoko anda]

Cara mencapai :
[Toko mendisplay produk-produk kebutuhan dasar secara rapi berdasarkan kategori, brand produk, kemasan, fungsi / kegunaannya & ukuran produk]
[Toko mendisplay produk-produk fresh berdasarkan grouping & gradasi warna]

F. Ciri Khas.
[Toko anda sedapat mungkin menjual produk yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga menampilkan sesuatu yang berbeda dengan kompetitor disekeliling toko anda]
[serta menampilkan dekorasi / visual toko yang menarik]

Cara mencapai :
[Tergantung kreativitas masing-masing toko serta senantiasa melakukan inovasi ditoko anda]

[Selalu ada peluang untuk membuat inovasi] [Utamakan itikad yang baik dalam melakukan segala aktivitas kerja]

Perbedaan Antara “WINNER” Dengan “CHAMPION”

[Kalau WINNER tidak selalu menang sedangkan CHAMPION selalu menang]
[Kekuatan yang dimiliki CHAMPION adalah selalu konsentrasi, kemampuan pengendalian diri & percaya diri] [confident]

[Just info]

[Salam]

[Kirimkan Kritik & Saran Untuk Om “G”] [Di] [info.godhong@gmail.com]

Tinggalkan komentar